Wawancara Konsultasi Manajemen – perencanaan untuk berhasil

Artikel berikut muncul dari diskusi antara Mindbench dan kliennya tentang kesalahan kandidat dalam wawancara. Ini mendorong kami untuk melakukan survei kualitatif dengan klien, kandidat, personel SDM, dan konsultan perekrutan yang terlibat dalam sektor konsultasi manajemen untuk membangun beberapa keterampilan utama dan perangkap utama …
 
Rekrutmen ringan – begitu juga jumlah kandidat
 
Pasar saat ini untuk rekrutmen di konsultan manajemen sangat kuat – bahkan tampaknya akan mencapai tingkat rekor tahun ini. Namun persaingan untuk posisi-posisi ini masih ketat, dengan sejumlah rekor MBA mencari pekerjaan di sektor ini! Ada lebih dari dua ratus pelamar untuk setiap peran dalam konsultasi strategi – sebagian besar dari ini akan disaring di C.V. panggung dan tidak melangkah lebih jauh – tetapi jika Anda melewati tahap wawancara saran berikut mungkin terbukti sangat berharga.

 
Pahami dengan siapa Anda melamar
 
Satu set keterampilan yang signifikan dalam konsultasi dari semua jenis adalah penelitian – dan semakin sedikit informasi yang tersedia, semakin banyak konsultan yang penting bagi klien mereka – dan semakin banyak keterampilan ini diuji. Sangat penting bahwa Anda tidak membuang waktu di ruang wawancara – juga bahwa Anda menunjukkan minat yang tulus pada perusahaan dan itu berhasil – penelitian yang baik adalah kuncinya! Penelitian perusahaan bandar togel di internet – tidak hanya di situs web mereka sendiri, tetapi ikuti tautan apa pun yang mungkin mereka berikan, cari artikel pers, asosiasi industri dan lihat situs klien mereka. Cobalah untuk sepenuhnya memahami jenis pekerjaan apa yang mereka lakukan dan bagaimana rasanya bekerja untuk mereka. Ketahui industri dan sektor mana mereka beroperasi dan siapa klien utama mereka. Jangan pernah takut untuk mengangkat telepon dan meminta pendapat orang lain. Berbicaralah dengan siapa pun yang pernah bekerja di sektor ini atau idealnya di perusahaan itu! Sekali lagi, konsultan rekrutmen yang baik harus dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang seperti itu.

Seperti dalam hidup – ini semua tentang penjualan! Dalam hal ini Anda berada di sana untuk menjual diri Anda ke dalam konsultasi – buat mereka mudah untuk mempekerjakan Anda! Tunjukkan pada mereka bagaimana kualifikasi, kualitas, dan pengalaman Anda akan cocok dan meningkatkan mereka sendiri – tetapi Anda hanya dapat melakukan ini dengan sukses jika Anda memahami apa yang mereka lakukan dan untuk apa. Budaya perusahaan telah menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir dan konsultan khususnya telah menganut gagasan ini. Sekali lagi situs web mereka harus memberi Anda gambaran yang baik tentang bagaimana mereka melihat diri mereka sebagai lingkungan kerja – tetapi ingat, ini adalah bagaimana suka melihat diri mereka sendiri. Berbicara dengan karyawan saat ini atau mantan akan memberi Anda wawasan yang lebih baik.
 
Kandidat yang ideal
 
Pertama-tama kami membahas karakteristik utama yang harus dimiliki oleh seorang kandidat dan – yang terpenting – dapat diperagakan selama proses wawancara:
• Pemikiran strategis – apakah kandidat ini dapat berpikir dalam arah arahan strategis?
• Ketelitian analitis – apakah kandidat ini berpikir secara logis, metodis?
• Kemampuan matematika – apakah kandidat memiliki kemampuan matematika untuk mengatasi pemodelan keuangan, pemahaman analisis statistik, pelaporan keuangan perusahaan, dll.
• Kesadaran komersial – apakah kandidat ini dapat berpikir dalam hal penetapan harga, lingkungan yang kompetitif dll?
• Keingintahuan intelektual – apakah kandidat ini cukup penasaran untuk melampaui permukaan dan mencari detail dan alasan yang mendasarinya?
Selain mengidentifikasi kualitas-kualitas spesifik ini sejumlah aspek yang kurang nyata juga diperdebatkan. Ini adalah sifat-sifat yang idealnya ingin dimiliki oleh semua konsultan, tetapi lebih sulit untuk diidentifikasi atau ditampilkan:
• Berkendara – sudahkah kandidat menunjukkan tingkat dorongan dan ambisi yang diperlukan sejauh ini dalam karier mereka?
• Fokus – dapatkah kandidat menunjukkan kemampuan untuk mengabaikan gangguan dan mengikuti dorongan utama suatu proyek?
• Kemampuan mengelola orang – sudahkah kandidat menunjukkan kemauan / kemampuan untuk mengelola orang lain, di lingkungan apa pun? Ini bisa berupa mengelola down (staf, bawahan), mengelola kolega atau mengelola ke atas
• Komitmen – apakah ada kesediaan untuk bekerja berjam-jam dan di bawah tekanan
• Dan akhirnya, “Kedalaman karakter” – sifat terakhir ini terbukti paling sulit untuk didefinisikan. Kutipan berikut dari Kepala Perekrutan Konsultatif bersemangat untuk meringkas pandangan mereka:
“Selama kandidat cukup cerdas dan mau bekerja keras, kami memiliki rencana pelatihan dan sistem pendampingan yang akan memungkinkan kami untuk meneruskan semua keterampilan yang diperlukan konsultan kami untuk memenuhi peran mereka – satu hal yang tidak dapat Anda ajarkan adalah karakter … dan itu mungkin sifat yang paling berharga dari semuanya! ”
“Bagaimana Anda mengenalinya dalam wawancara? Kami melihat respons siap yang diberikan kandidat untuk pertanyaan yang lebih dapat diprediksi, dan kami juga mencoba mengajukan beberapa pertanyaan yang tidak akan mereka persiapkan untuk mereka! Tetapi pada akhirnya – Anda tahu itu ketika Anda melihatnya!

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *