Dasar-Dasar Manajemen, Nikmati Keistimewaannya !!

“Manajemen” adalah payung yang mencakup sejumlah kegiatan: kepemimpinan, bekerja melalui orang lain, merencanakan, mengorganisasi, berkomunikasi, mengendalikan, dan membuat keputusan, untuk beberapa nama link sbobet. Bagaimana Anda bisa memahami semua hal ini? Untungnya, Anda tidak harus melakukannya.


          Dasar dari kegiatan taktik manajemen yang efektif adalah untuk mengendalikan situasi tanpa cukup informasi, aset, atau kekuatan untuk membenarkan kontrol itu. Itu, sebagaimana yang terjadi, juga merupakan inti dari manajemen.

         Dalam beberapa hal manajemen tidak perlu diperkenalkan. Sebagian besar dari kita melakukannya dengan satu atau lain cara setiap hari — dalam keluarga, kelompok sosial, klub, dan bisnis. Manajemen bersifat universal; itu ada setiap kali dua orang atau lebih mencoba melakukan sesuatu bersama. Anda mungkin tidak memperhatikan ini, karena hanya salah urus yang menjadi berita utama. Pesawat tiba terlambat, perusahaan bangkrut, pesanan hilang, dan Pentagon membayar kontraktor pertahanan beberapa ratus dolar untuk suku cadang yang harganya beberapa dolar Wal-Mart karena manajemen entah bagaimana gagal.

       Orang menjadi manajer dengan beberapa rute. Mereka yang bekerja untuk perusahaan milik keluarga mewarisi pekerjaan itu. Yang lain mungkin telah berhasil mendaki organisasi atau menikahi putra atau putri bos. Namun, curigalah pada orang-orang yang menyatakan bahwa mereka “manajer terlahir,”. Mereka dapat diidentifikasi oleh ketidaktahuan total manajemen mereka dan keyakinan tertinggi mereka bahwa setiap keputusan mereka benar. Tapi bagaimana Anda bisa menyamar sebagai manajer sungguhan? Sangat mudah, seperti yang sering terjadi. Beberapa manajer benar-benar meluangkan waktu untuk mengklarifikasi atau menganalisis tujuan, tindakan, dan motif mereka untuk apa yang mereka lakukan. Jika Anda, di sisi lain, menghabiskan sebagian kecil dari hari kerja Anda untuk memikirkan apa yang sebenarnya Anda lakukan, Anda dapat naik melebihi sisa paket. Terutama jika Anda mempertahankan kontak mata yang stabil, berpakaian rapi, dan bertindak tulus. Dalam kata-kata George Burns, “Ketulusan adalah segalanya. Jika Anda bisa berpura-pura, Anda membuatnya.”

 
 AKTIVITAS MANAJEMEN

      Manajer melakukan banyak kegiatan. Penting bagi Anda untuk memahami apa yang masing-masing terlibat sehingga Anda dapat menetapkan tujuan, menetapkan tugas, dan mendelegasikan wewenang untuk menyelesaikannya dengan benar.

     Area utama bisnis termasuk pembelian, produksi, penjualan, dan keuangan. Bisnis layanan dan ritel, yang tidak menghasilkan produk nyata, masih memiliki inti bidang serupa (dikurangi produksi) yang vital untuk kesuksesan. Kenyataannya, banyak orang — terutama mereka yang menjual asuransi — sekarang menyebut layanan “produk” untuk membuatnya terdengar kurang kabur dan tidak berwujud. Bluffers harus memahami peran beberapa kegiatan manajemen utama yang akan membantu mereka menangani bidang utama bisnis dengan sukses.

Pengambilan Keputusan

      Salah satu masalah dengan menjadi manajer adalah Anda harus mengambil keputusan dari waktu ke waktu. Ini bisa sangat menyusahkan, karena keputusan bisa meledak di wajah Anda. Tetapi apakah Anda benar-benar harus memutuskan? Terkadang tidak. Jika Anda ingin menghindari suatu keputusan tanpa terlihat ragu-ragu, Anda sering dapat kembali pada kutipan filosofis seperti “Kadang-kadang keputusan terbaik adalah tidak ada keputusan” dan “Jika itu berhasil, jangan memperbaikinya.”

      Bagaimanapun, jangan diintimidasi untuk mengambil keputusan sampai Anda menganalisis masalahnya secara menyeluruh.
Sebagian besar keputusan panik berurusan dengan gejala masalah dan mengabaikan masalah itu sendiri. Jika mobil Anda memiliki ban kempes besok pagi, Anda bisa memompanya, tetapi satu atau dua blok di jalan itu mungkin akan kempes lagi. Anda keliru memperlakukan gejala (kekurangan udara), ketika masalah sebenarnya (lubang) tidak terselesaikan. Cakap gesit juga cenderung membiarkan bawahan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Pergilah ke tempat masalahnya dan tanyakan kepada pekerja Anda, “Apa yang menurut Anda salah?” Seringkali, setelah mereka pulih dari keterkejutan diperlakukan seperti orang, bukan robot, mereka akan memberi tahu Anda apa yang salah karena mereka tahu itu semua. Hanya saja Anda bos pertama yang pernah repot bertanya. Tindak lanjuti pertanyaan sebelumnya dengan “Menurut Anda apa yang harus kita lakukan?” Ini dapat menghasilkan beberapa solusi yang bernilai emas. Hasil akhirnya adalah bahwa Anda telah memindahkan beban untuk mendefinisikan masalah dan menyelesaikannya dari diri Anda sendiri kepada semua orang dalam kelompok kerja Anda. Dan, jika keputusan itu menjadi bumerang, akan lebih nyaman untuk dapat berdiri dan berkata, “Kami pikir …” daripada harus mengambil semua menyalahkan dirimu sendiri.

Mendelegasikan

      Anda harus cepat mendelegasikan wewenang untuk keputusan rutin kepada bawahan. Delegasi membuat Anda terlihat sangat profesional. Ini juga menghemat waktu Anda karena Anda harus bergulat dengan masalah yang tidak biasa dan tidak biasa.

       Dan bagaimana Anda harus menghadapinya? Mungkin hal terbaik untuk dilakukan adalah kembali pada saran yang ditawarkan beberapa saat yang lalu: hubungi bawahan Anda bersama dan minta mereka mengusulkan apa yang harus Anda lakukan. Tekankan, tentu saja, bahwa Anda tidak melepaskan otoritas Anda. Anda hanya menjadi pemimpin yang demokratis yang percaya pada banyak keterlibatan karyawan. Tidak ada salahnya untuk menunjukkan hal itu

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *